Proyek Siswa yang Mengarah pada Pengembangan Life Skill

Posted on Posted in Uncategorized

Wujud “Cinta Bumi” Sekolah Petra terlihat pada pemberian proyek di akhir pembelajaran satu semester, yang juga mengarah pada pengembangan life skill siswa. Siswa kelas 4 membuat “Tas Ecoprint” sebagai tugas proyek Pelajar Pancasila yang merupakan implementasi dari Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini dilakukan oleh siswa yang didampingi oleh guru kelas. Meskipun siswa kelas 5 dan 6 belum melaksanakan Kurikulum Merdeka, namun pemberian tugas akhir juga mengembangkan life skill, terutama peningkatan kreatif siswa. Proyek bagi siswa kelas 5 adalah membuat hasta karya hiasan dinding dengan mengangkat tema “Kreatif”. Dari mulai ide, persiapan, proses pembuatan sampai finishing, semua dilakukan oleh siswa. Sedangkan untuk siswa kelas 6, pemberian tugas akhir berupa membuat poster “Hemat Air” secara digital.

Tugas ini juga dilakukan oleh siswa dengan didampingi guru TIK Sekolah Petra. Rangkaian tugas-tugas akhir semester tersebut bertujuan untuk mengajak siswa agar lebih mencintai bumi. Hal ini sejalan dengan predikat yang diterima Sekolah Petra sebagai “Sekolah Adiwiyata” di Kota Semarang pada tahun 2021. Kegiatan tugas akhir siswa di Sekolah Petra dapat mengembangkan nilai kreatifitas, kerja sama, saling menghargai, dan yang terutama mencintai serta memelihara ciptaan Tuhan yaitu lingkungan kita. Semua itu dilakukan dengan satu tujuan yaitu pengembangan life skill siswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *